Sabtu, 14 November 2015

Perilaku Konsumen , Edisi Kedelapan SCHIFFMAN & KANUK Bab 2





Perilaku Konsumen , Edisi Kedelapan
SCHIFFMAN & KANUK

 
Bab 2
Penelitian konsumen
 
Penelitian kuantitatif
·         Deskriptif di alam .
·         Memungkinkan pemasar untuk " memprediksi " perilaku konsumen .
·         Metode penelitian meliputi eksperimen , teknik survey , dan observasi .
·         Temuan ini deskriptif , empiris dan digeneralisasikan .
                                                
positivisme
Pendekatan penelitian perilaku konsumen yang menganggap disiplin perilaku konsumen sebagai ilmu pemasaran yang diterapkan.
 
Penelitian kualitatif
Terdiri dari wawancara mendalam , kelompok fokus , analisis metafora , penelitian kolase , dan teknik proyektif .
Dikelola oleh pewawancara terlatih - analis .
Temuan cenderung subjektif .
Ukuran sampel yang kecil.
 
interpretivisme
Pendekatan postmodernis untuk mempelajari perilaku konsumen yang berfokus pada tindakan memakan bukan pada tindakan pembelian.
 
 
 
Tabel 2.2 terus
ASUMSI 
Positivisme 
rasionalitas ; konsumen membuat keputusan setelah menimbang alternatif Penyebab dan dampak dari perilaku dapat diidentifikasi Individu adalah pemecah masalah Sebuah realitas tunggal ada Peristiwa dapat diukur secara obyektif.
Interpretivisme 
Tidak ada satu , tujuan kebenaran Realitas subjektif Penyebab dan akibat tidak dapat dipisahkan Setiap pengalaman konsumsi unik Peneliti / interaksi responden mempengaruhi hasil penelitian 
 
 
Konsumen Penelitian Proses
enam langkah
·         mendefinisikan tujuan penelitian
·         mengumpulkan dan mengevaluasi data sekunder
·         merancang sebuah studi penelitian utama
·         mengumpulkan data primer
·         menganalisis data
·         menyiapkan laporan tentang temuan
 
 
Mengembangkan Tujuan Penelitian
         Defining purposes and objectives helps ensure an appropriate research design.
         A statement of objectives helps to define the type and level of information needed.
 
Sekunder Versus Data Primer
·         Data sekunder : data yang telah dikumpulkan untuk alasan lain selain proyek penelitian khusus di tangan
·         Primary data: data collected by the researcher for the purpose of meeting specific objectives
 
 
 
 
Tabel 2.2 Mayor Sumber Data Sekunder
 
 
Pemerintah Publikasi 
 
 
majalah
&
buku-buku
 
Intern sumber
 
Komersial Data
 
 
Metode Pengumpulan Data
Ø  Pengamatan
Ø  Percobaan
Ø  Survey
 
Penelitian observasional
·         Membantu pemasar memperoleh pemahaman mendalam tentang hubungan antara manusia dan produk dengan menonton mereka membeli dan menggunakan produk .
·         Membantu peneliti mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari apa melambangkan produk .
·         Banyak digunakan oleh para peneliti interpretivist .
 
Percobaan
 
·         Dapat digunakan untuk menguji daya tarik penjualan relatif banyak jenis variabel .
·         Hanya satu variabel yang dimanipulasi pada suatu waktu , menjaga unsur-unsur lain konstan.
·         Bisa dilakukan di laboratorium atau di lapangan .
 
Survey Metode Pengumpulan Data
Ø  Wawancara pribadi
Ø  Surat
Ø  Telepon
Ø  Online
 
 
 
 
 
Tabel 2.4 Keuntungan Komparatif
 
 
 
SURAT
 
 
TELEPON
 
 
WAWANCARA PRIBADI
 
 
ONLINE
 
Biaya
 
Murah
 
Moderate
 
Tinggi
 
Murah
 
Kecepatan
 
Lambat
 
Segera
 
Lambat
 
Cepat
 
tingkat respons
 
Murah
 
Moderate
Tinggi
 
Seleksi mandiri
fleksibilitas geografis
 
baik
 
Baik
 
Difficult
 
 
baik
 
Bias pewawancara
 
N / A
 
Moderate
bermasalah
 
N/A
pengawasan pewawancara
 
N/A
 
Mudah
 
Sulit
 
N/A
 
Kualitas respon
 
Terbatas
 
Terbatas
 
baik
 
baik
 
 
 
Keabsahan
Tingkat dimana instrumen pengukuran akurat mencerminkan apa yang dirancang untuk mengukur .
 
Keandalan
Tingkat dimana suatu instrumen pengukuran konsisten dalam apa yang mengukur .
 
Timbangan sikap
·         Skala Likert : mudah bagi peneliti untuk mempersiapkan dan menafsirkan , dan sederhana bagi konsumen untuk menjawab .
·         Skala diferensial semantik : relatif mudah untuk membangun dan mengelola .
·         Skala peringkat -order : subyek peringkat item dalam urutan preferensi dalam hal beberapa kriteria .
 
Gambar 2.4 Contoh Skala Likert    
 
Silahkan jumlah yang paling menunjukkan seberapa kuat Anda setuju atau tidak setuju dengan masing-masing pernyataan berikut tentang belanja online di ruang sebelah kiri pernyataan .
                        
1 = Sangat Setuju
2 = Setuju
3 = Baik Setuju atau Tidak Setuju
4 = Tidak Setuju
5 = Sangat Tidak Setuju
 
_____ Sebuah. Hal ini menyenangkan untuk berbelanja online .
_____ B . Produk sering biaya lebih online.
_____ C . Ini adalah cara yang baik untuk mengetahui tentang produk baru .
 
 
 
 
 
Gambar 2.4 Profil Differential Semantic Tiga Pay-Per -Movie Layanan
 
 
 
Gambar 2.5 Pangkat -Order Scales
 
Peringkat produsen komputer berikut dalam hal hotline bantuan dengan menempatkan 1 sebelah orang yang memberikan bantuan telepon terbaik , 2 samping terbaik kedua , sampai Anda telah peringkat keenam .
 
_____ IBM _____Hewlett Packard
_____ _____ Dell Gateway
_____ _____ Compaq NEC
 
 
Kualitatif Metode Pengumpulan Data
 
Ø  Wawancara mendalam
Ø  Fokus Grup
Ø  Teknik proyektif
Analisis metafora
 
Kelompok yang terfokus
Metode penelitian kualitatif di mana delapan sampai sepuluh orang berpartisipasi dalam sebuah wawancara kelompok terstruktur tentang konsep produk atau jasa .
                                    
Gambar 2.5 Bagian Dipilih dari Panduan Diskusi
 
1. Mengapa Anda memutuskan untuk menggunakan perusahaan seluler Anda saat ini ? (Menyelidiki)
2. Berapa lama Anda telah menggunakan Anda perusahaan seluler saat ini ? (Menyelidiki)
3. Apakah Anda pernah layanan diaktifkan ? Kapan? Apa yang menyebabkan perubahan ? (Menyelidiki)
4. Apa pendapat Anda tentang kualitas keseluruhan dari layanan Anda saat ini ? (Menyelidiki)
5. Apa kriteria penting dalam pemilihan layanan seluler ? (Menyelidiki)
 
Teknik proyektif
Prosedur penelitian yang dirancang untuk mengidentifikasi perasaan bawah sadar dan motivasi konsumen .
 
Analisis metafora
 
Berdasarkan keyakinan bahwa metafora adalah metode yang paling dasar pemikiran dan komunikasi .
Teknik Zaltman Metafora elisitasi ( ZMET ) menggabungkan penelitian kolase dan analisis metafora untuk membawa ke permukaan model mental dan tema-tema utama atau konstruksi yang mendorong pemikiran dan perilaku konsumen .
 
Kepuasan pelanggan Pengumpulan Data Instrumen ( Tabel 2.5 )
 
·         Survei Kepuasan Pelanggan
·         Analisis kesenjangan Harapan vs Pengalaman
·         Mystery Shoppers
·         Teknik Insiden kritis
·         Analisis Keluhan Pelanggan
·         Analisis Pembelotan Pelanggan
 
Keputusan Rencana Sampling
 
o   Siapa survei ?
o   Berapa banyak?
o   Cara memilih mereka ?
 
 
 
 
Tabel 2.6 Probabilitas Sampling Designs
Sampel acak sederhana
 
Setiap anggota populasi memiliki kesempatan dikenal dan sama untuk dipilih .
 
Sampel acak sistematis
 
Seorang anggota populasi dipilih secara acak dan kemudian setiap " n " orang yang dipilih .
 
Sampel acak bertingkat
 
Populasi dibagi menjadi saling kelompok eksklusif 
( seperti kelompok usia ) , dan sampel acak diambil dari masing-masing kelompok .
 
Cluster (area ) sampel
 
Populasi dibagi menjadi saling kelompok eksklusif 
( seperti blok ) , dan peneliti menarik sampel dari kelompok untuk mewawancarai .
 
 
 
Desain Tabel 2.6 nonprobability sampling
sampel kenyamanan
 
Peneliti memilih anggota populasi yang paling dapat diakses dari siapa untuk memperoleh informasi
 ( misalnya , siswa di kelas )
 
sampel penghakiman
 
Peneliti menggunakan atau penilaiannya untuk memilih anggota populasi yang merupakan sumber yang baik untuk informasi yang akurat ( misalnya , ahli di bidang studi yang relevan ) .
 
sampel kuota
 
Wawancara peneliti sejumlah yang ditentukan orang di setiap beberapa kategori ( misalnya , 50 laki-laki dan 5 wanita ) .
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar