Perilaku Konsumen , Edisi
Kedelapan
SCHIFFMAN & KANUK
Bab 2
Penelitian konsumen
Penelitian kuantitatif
· Deskriptif di alam .
· Memungkinkan pemasar untuk " memprediksi " perilaku konsumen .
· Metode penelitian meliputi eksperimen , teknik survey , dan observasi .
· Temuan ini deskriptif , empiris dan digeneralisasikan .
positivisme
Pendekatan penelitian perilaku konsumen yang menganggap disiplin perilaku konsumen sebagai ilmu pemasaran yang diterapkan.
Penelitian kualitatif
Terdiri dari wawancara mendalam , kelompok fokus , analisis metafora , penelitian kolase , dan teknik proyektif .
Dikelola oleh pewawancara terlatih - analis .
Temuan cenderung subjektif .
Ukuran sampel yang kecil.
interpretivisme
Pendekatan postmodernis untuk mempelajari perilaku konsumen yang berfokus pada tindakan memakan bukan pada tindakan pembelian.

Tabel 2.2 terus
ASUMSI
Positivisme
rasionalitas ; konsumen membuat keputusan setelah menimbang alternatif Penyebab dan dampak dari perilaku dapat diidentifikasi Individu adalah pemecah masalah Sebuah realitas tunggal ada Peristiwa dapat diukur secara obyektif.
Interpretivisme
Tidak ada satu , tujuan kebenaran Realitas subjektif Penyebab dan akibat tidak dapat dipisahkan Setiap pengalaman konsumsi unik Peneliti / interaksi responden mempengaruhi hasil penelitian
Konsumen Penelitian Proses
enam langkah
· mendefinisikan tujuan penelitian
· mengumpulkan dan mengevaluasi data sekunder
· merancang sebuah studi penelitian utama
· mengumpulkan data primer
· menganalisis data
· menyiapkan laporan tentang temuan

Mengembangkan Tujuan Penelitian
• Defining purposes and objectives helps ensure an appropriate research design.
• A statement of objectives helps to define the type and level of information needed.
Sekunder Versus Data Primer
· Data sekunder : data yang telah dikumpulkan untuk alasan lain selain proyek penelitian khusus di tangan
· Primary data: data collected by the researcher for the purpose of meeting specific objectives
Tabel 2.2 Mayor Sumber Data Sekunder
Pemerintah Publikasi
|
majalah
&
buku-buku
|
Intern sumber
|
Komersial Data
|
Metode Pengumpulan Data
Ø Pengamatan
Ø Percobaan
Ø Survey
Penelitian observasional
· Membantu pemasar memperoleh pemahaman mendalam tentang hubungan antara manusia dan produk dengan menonton mereka membeli dan menggunakan produk .
· Membantu peneliti mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari apa melambangkan produk .
· Banyak digunakan oleh para peneliti interpretivist .
Percobaan
· Dapat digunakan untuk menguji daya tarik penjualan relatif banyak jenis variabel .
· Hanya satu variabel yang dimanipulasi pada suatu waktu , menjaga unsur-unsur lain konstan.
· Bisa dilakukan di laboratorium atau di lapangan .
Survey Metode Pengumpulan Data
Ø Wawancara pribadi
Ø Surat
Ø Telepon
Ø Online
Tabel 2.4 Keuntungan Komparatif
|
SURAT
|
TELEPON
|
WAWANCARA PRIBADI
|
ONLINE
|
Biaya
|
Murah
|
Moderate
|
Tinggi
|
Murah
|
Kecepatan
|
Lambat
|
Segera
|
Lambat
|
Cepat
|
tingkat respons
|
Murah
|
Moderate
|
Tinggi
|
Seleksi mandiri
|
fleksibilitas geografis
|
baik
|
Baik
|
Difficult
|
baik
|
Bias pewawancara
|
N / A
|
Moderate
|
bermasalah
|
N/A
|
pengawasan pewawancara
|
N/A
|
Mudah
|
Sulit
|
N/A
|
Kualitas respon
|
Terbatas
|
Terbatas
|
baik
|
baik
|
Keabsahan
Tingkat dimana instrumen pengukuran akurat mencerminkan apa yang dirancang untuk mengukur .
Keandalan
Tingkat dimana suatu instrumen pengukuran konsisten dalam apa yang mengukur .
Timbangan sikap
· Skala Likert : mudah bagi peneliti untuk mempersiapkan dan menafsirkan , dan sederhana bagi konsumen untuk menjawab .
· Skala diferensial semantik : relatif mudah untuk membangun dan mengelola .
· Skala peringkat -order : subyek peringkat item dalam urutan preferensi dalam hal beberapa kriteria .
Gambar 2.4 Contoh Skala Likert
Silahkan jumlah yang paling menunjukkan seberapa kuat Anda setuju atau tidak setuju dengan masing-masing pernyataan berikut tentang belanja online di ruang sebelah kiri pernyataan .
1 = Sangat Setuju
2 = Setuju
3 = Baik Setuju atau Tidak Setuju
4 = Tidak Setuju
5 = Sangat Tidak Setuju
_____ Sebuah. Hal ini menyenangkan untuk berbelanja online .
_____ B . Produk sering biaya lebih online.
_____ C . Ini adalah cara yang baik untuk mengetahui tentang produk baru .
Gambar 2.4 Profil Differential Semantic Tiga Pay-Per -Movie Layanan

Gambar 2.5 Pangkat -Order Scales
Peringkat produsen komputer berikut dalam hal hotline bantuan dengan menempatkan 1 sebelah orang yang memberikan bantuan telepon terbaik , 2 samping terbaik kedua , sampai Anda telah peringkat keenam .
_____ IBM _____Hewlett Packard
_____ _____ Dell Gateway
_____ _____ Compaq NEC
Kualitatif Metode Pengumpulan Data
Ø Wawancara mendalam
Ø Fokus Grup
Ø Teknik proyektif
Analisis metafora
Kelompok yang terfokus
Metode penelitian kualitatif di mana delapan sampai sepuluh orang berpartisipasi dalam sebuah wawancara kelompok terstruktur tentang konsep produk atau jasa .
Gambar 2.5 Bagian Dipilih dari Panduan Diskusi
1. Mengapa Anda memutuskan untuk menggunakan perusahaan seluler Anda saat ini ? (Menyelidiki)
2. Berapa lama Anda telah menggunakan Anda perusahaan seluler saat ini ? (Menyelidiki)
3. Apakah Anda pernah layanan diaktifkan ? Kapan? Apa yang menyebabkan perubahan ? (Menyelidiki)
4. Apa pendapat Anda tentang kualitas keseluruhan dari layanan Anda saat ini ? (Menyelidiki)
5. Apa kriteria penting dalam pemilihan layanan seluler ? (Menyelidiki)
Teknik proyektif
Prosedur penelitian yang dirancang untuk mengidentifikasi perasaan bawah sadar dan motivasi konsumen .
Analisis metafora
Berdasarkan keyakinan bahwa metafora adalah metode yang paling dasar pemikiran dan komunikasi .
Teknik Zaltman Metafora elisitasi ( ZMET ) menggabungkan penelitian kolase dan analisis metafora untuk membawa ke permukaan model mental dan tema-tema utama atau konstruksi yang mendorong pemikiran dan perilaku konsumen .
Kepuasan pelanggan Pengumpulan Data Instrumen ( Tabel 2.5 )
· Survei Kepuasan Pelanggan
· Analisis kesenjangan Harapan vs Pengalaman
· Mystery Shoppers
· Teknik Insiden kritis
· Analisis Keluhan Pelanggan
· Analisis Pembelotan Pelanggan
Keputusan Rencana Sampling
o Siapa survei ?
o Berapa banyak?
o Cara memilih mereka ?
Tabel 2.6 Probabilitas Sampling Designs
Sampel acak sederhana
|
Setiap anggota populasi memiliki kesempatan dikenal dan sama untuk dipilih .
|
Sampel acak sistematis
|
Seorang anggota populasi dipilih secara acak dan kemudian setiap " n " orang yang dipilih .
|
Sampel acak bertingkat
|
Populasi dibagi menjadi saling kelompok eksklusif
( seperti kelompok usia ) , dan sampel acak diambil dari masing-masing kelompok .
|
Cluster (area ) sampel
|
Populasi dibagi menjadi saling kelompok eksklusif
( seperti blok ) , dan peneliti menarik sampel dari kelompok untuk mewawancarai .
|
Desain Tabel 2.6 nonprobability sampling
sampel kenyamanan
|
Peneliti memilih anggota populasi yang paling dapat diakses dari siapa untuk memperoleh informasi
( misalnya , siswa di kelas )
|
sampel penghakiman
|
Peneliti menggunakan atau penilaiannya untuk memilih anggota populasi yang merupakan sumber yang baik untuk informasi yang akurat ( misalnya , ahli di bidang studi yang relevan ) .
|
sampel kuota
|
Wawancara peneliti sejumlah yang ditentukan orang di setiap beberapa kategori ( misalnya , 50 laki-laki dan 5 wanita ) .
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar